Arti Generasi Sandwich, Faktor Stres dan Dampak Pada Keluarga

ekonomiupri.id – Apakah kalian bagian dari generasi sandwich? kalian mungkin belum pernah mendengar arti generasi sandwich, tetapi mari kita lihat apakah ini terdengar familiar.

Setelah hari yang melelahkan di tempat kerja, kalian membayangkan malam yang santai di rumah. Tapi kalian tahu itu jauh dari kenyataan kalian.

Selain mengunjungi ibu kalian yang sudah lanjut usia untuk menyiapkan dan memberinya makan malam, kalian juga perlu memasak sesuatu untuk anak-anak kalian sendiri. 

Selain itu, putri kalian sangat membutuhkan bantuan untuk mengerjakan PR aljabarnya. Jadi, kalian melewatkan sesi “me time” demi membantunya. 

Setelah selesai, kalian membersihkan kekacauan yang kalian tinggalkan di dapur dan mencuci semua piring. Maka kalian perlu menjemput putri kalian dari tempat kerja karena dia belum bisa mengemudi.

Dengan semua yang dikatakan dan dilakukan, sudah satu jam lewat waktu tidur kalian, dan kalian tahu kalian akan kelelahan bekerja besok. 

Itu terlalu umum dari skenario ketika kalian adalah pengasuh generasi sandwich. Mari kita bahas apa itu generasi sandwich dan bagaimana kalian bisa mengatasi beban tanggung jawab ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Generasi Sandwich?

arti generasi sandwich

Apa artinya menjadi bagian dari generasi sandwich? Jika kalian cocok dengan definisi generasi sandwich, kalian adalah salah satu dari banyak orang dewasa yang terjebak merawat kerabat yang lebih tua dan anak-anak pada saat yang bersamaan. 

Anak-anak mereka masih berusia di bawah 18 tahun dan membutuhkan dukungan, atau mereka berusia di atas 18 tahun tetapi masih membutuhkan bantuan yang signifikan dari orang tua mereka.

Pada saat yang sama, orang tua mereka sendiri atau kerabat lainnya bertambah tua dan kehilangan otonomi mereka. Penanggung jawab pengasuhan dalam situasi ini terjepit di antara dua generasi yang membutuhkan dukungan mereka. 

Mereka terjepit di antara anggota keluarga ini. Cobalah untuk mempertahankan pekerjaan, apalagi menavigasi karier, dan kalian memiliki seseorang yang merasa “terjepit” oleh tuntutan emosional dan padat karya yang bersaing.

Menyelam Lebih Dalam Ke Definisi Generasi Sandwich

sandwich generation

Pengasuh multigenerasi menghabiskan lebih dari dua setengah jam sehari untuk perawatan tanpa bayaran. 

Bagi para ibu, tugas mengasuh naik hingga tiga jam sehari. Jika kalian cocok dengan definisi pembuatan sandwich, mudah untuk melihat mengapa jenis perawatan ini bisa membuat kalian merasa cemas dan stres. 

Sayangnya, orang tua yang terjebak dalam generasi sandwich mungkin bertahan lebih lama dari yang mereka harapkan. Saat ini, anak-anak dewasa lebih mengandalkan dukungan orang tua mereka daripada sebelumnya. 

Peningkatan harapan hidup semakin memperkuat dampak ini. Orang-orang di seluruh dunia hanya hidup lebih lama. Namun belum ada perubahan yang signifikan pada tingkat kecacatan ringan hingga sedang pada lansia. 

Jadi orang hidup lebih lama, tetapi mereka tidak hidup lebih sehat. Ini berarti pengasuh multigenerasi perlu merawat orang tua mereka yang sudah lanjut usia untuk jangka waktu yang lebih lama.

Selain anak-anak mereka yang lebih tua. Itulah definisi pembuatan sandwich, dan ini bisa sangat menegangkan bagi mereka yang menjadi bagian darinya.

Memahami Demografi Generasi Sandwich

Demografi Sandwich Generation

Demografi yang meningkat ini sudah mencakup sekitar 47 persen orang dewasa berusia 40-an dan 50-an yang memiliki orang tua berusia 65 tahun atau lebih dan juga membesarkan anak atau mendukung anak yang sudah dewasa. 

Faktanya, satu dari tujuh orang dewasa ini membantu keuangan kedua orang tua dan satu atau lebih anak mereka. 

Namun, ada banyak skenario dalam situasi ini, dan ahli penuaan dan perawatan lansia Carol Abaya menawarkan tiga peran yang biasanya termasuk dalam generasi sandwich:

Generasi Sandwich Tradisional

Orang dewasa biasanya berusia 40-an atau awal 50-an terjepit di antara orang tua mereka yang sudah lanjut usia dan anak-anak mereka yang biasanya dewasa yang keduanya membutuhkan bantuan keuangan atau bantuan lainnya.

The Club Sandwich Generation

Orang dewasa yang lebih tua berusia 50 atau 60-an yang terjepit di antara orang tua yang menua, anak-anak mereka yang sudah dewasa, dan mungkin cucu. 

Istilah ini juga bisa merujuk pada orang dewasa muda berusia 30-an atau 40-an yang memiliki anak kecil, orang tua lanjut usia, dan kakek nenek lanjut usia.

Generasi Sandwich Berwajah Terbuka

Siapa pun yang secara non-profesional terlibat dalam perawatan lansia, yang diperkirakan 25% individu di beberapa titik dalam hidup mereka.

Istilah ‘generasi sandwich’ menjadi sangat umum sehingga ditambahkan ke kalians Merriam-Webster pada tahun 2006.

Namun, kalians tersebut gagal menyebutkan tekanan finansial dan emosional yang berat yang bisa ditimbulkan oleh menjadi bagian dari generasi ini pada pengasuh.

Berbagai Faktor Stres yang Dihadapi Generasi Sandwich

Faktor Stres yang Dihadapi Generasi Sandwich

Sementara jumlah anggota generasi sandwich telah meningkat secara dramatis, statistik menunjukkan bahwa beban keuangan yang terkait dengan tanggung jawab untuk beberapa generasi meningkat. 

Menariknya, bukan orang tua atau kakek nenek yang menjadi beban, melainkan anak-anak mereka yang sudah dewasa.

Dengan lebih banyak pemuda pasca kuliah yang pulang untuk tinggal bersama orang tua atau melakukannya selama sekolah, sekarang diperkirakan  hampir 30% dari anak berusia 25-34 tahun tinggal bersama orang tua mereka. 

Pada dasarnya hal ini membuat orang tua mengurus banyak beban keuangan anak-anak mereka selain mengurus tanggung jawab lain yang mungkin mereka timbulkan.

Seolah-olah ini tidak cukup membuat stres, mereka yang berada di antara generasi sandwich diberi tugas ganda dengan juga ingin atau perlu membantu merawat orang tua mereka yang sudah lanjut usia.

Peran yang oleh banyak orang dianggap lebih sebagai tanggung jawab mereka daripada merawat anak-anak dewasa. Apakah orang tua mereka tinggal di rumah, di fasilitas atau di dalam rumah mereka, stres bisa menjadi luar biasa. 

Beban biaya medis, membantu kegiatan sehari-hari, mengawasi pengawasan, pertimbangan hukum, dan masalah lainnya bisa menimbulkan kerugian fisik dan emosional di atas masalah keuangan yang sedang berlangsung.

Dengan begitu banyak penyebab stres, generasi sandwich sering mengalami:

  • Kejenuhan dan perasaan depresi, rasa bersalah dan isolasi.
  • Masalah menemukan waktu untuk menjadi pasangan, orang tua, dan anak yang baik secara bersamaan.
  • Kesulitan mengelola pekerjaan, hobi, hubungan, dan waktu untuk diri sendiri.
  • Masalah psikologis saat mereka berjuang untuk ditarik ke berbagai arah setiap hari.

Ini hanya beberapa potensi fallback untuk menjadi pengasuh yang terjepit di antara dua generasi, tetapi tip ini bisa membantu menjaganya tetap pada jalurnya.

Dampak Sandwich Generation Pada Keluarga

dampak sandwich generation pada keluarga

Penelitian menyelidiki pengaruh pengasuhan multigenerasi pada hubungan keluarga dan fungsi keluarga terbatas. 

Laura Loomis dan Alan Booth (1995) mengamati sampel nasional dari orang menikah paruh baya untuk mendokumentasikan efek dari beberapa tanggung jawab pengasuhan pada pengasuh individu. 

Para penulis menemukan bahwa pengasuhan multi-generasi memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada variabel dependen kesejahteraan psikologis, kepuasan dengan waktu senggang, sumber daya keuangan, atau kualitas pernikahan. 

Russell Ward dan Glenna Spitze (1998) menyelidiki frekuensi pengasuhan multigenerasi dan dampak dari tanggung jawab ini terhadap kualitas pernikahan yang dirasakan. 

Meskipun wanita memberikan lebih banyak bantuan kepada anak-anak dan orang tua daripada pria, kebahagiaan perkawinan terbukti meningkat seiring bertambahnya usia. 

Berit Ingersoll-Dayton, Margaret B. Neal, dan Leslie Hammer (2001) meneliti aspek-aspek yang bermanfaat dari menerima bantuan dari orang tua lanjut usia yang dirawat oleh anggota generasi sandwich. 

Hasil menunjukkan bahwa menerima bantuan dari orang tua lanjut usia adalah positif dan negatif bagi anggota generasi sandwich. 

Dukungan emosional secara konsisten bermanfaat, sedangkan dukungan instrumental (yaitu, bantuan keuangan, bantuan perawatan anak dan tugas rumah tangga) bermasalah.

Sejumlah kecil peneliti telah meneliti pengaruh pengasuhan multigenerasi pada kesejahteraan anak-anak dan remaja. 

Jacob Kraemer Tebes dan Julie T. Irish (2000) mengevaluasi dampak intervensi dukungan bagi ibu pengasuh multigenerasi terhadap perilaku anak-anak mereka. 

Para penulis menemukan bahwa anak-anak peserta intervensi menunjukkan penurunan depresi dan peningkatan kompetensi sosial. 

Sharon Hamill (1994) mengevaluasi komunikasi orang tua-remaja di antara pengasuh generasi menengah dan menemukan bahwa ketegangan antara ibu yang mengasuh dan orang tua lanjut usia dikaitkan dengan komunikasi yang buruk dengan anak-anak remaja.

Tips Penghilang Stres untuk Member Sandwich Generation

Tips Penghilang Stres

Misi utama pengasuh adalah menjaga semua orang aman, bahagia, dan sehat. Namun, mereka sering lalai untuk mengurus kebutuhan mereka sendiri. 

Untungnya, tips ini bisa membantu mengurangi stres dalam keluarga, membantu meringankan beban keuangan, dan meningkatkan pengalaman yang lebih positif.

  • Bantulah anak-anak dewasa yang bergantung secara finansial untuk memulai dunia dengan tip pekerjaan, saran, dll. Jika mereka tinggal di tempat mereka sendiri, pertimbangkan penghematan biaya untuk memindahkan mereka kembali ke rumah kalian.
  • Pertimbangkan untuk meminta orang tua lanjut usia pindah ke rumah kalian untuk membatasi pengeluaran.
  • Pikirkan tentang berinvestasi dalam sistem peringatan medis untuk memastikan orang yang kalian kasihi dipantau 24 jam sehari.
  • Pikirkan tentang memberi orang tua kalian perawatan senior paruh waktu di rumah, karena bahkan beberapa jam bantuan dari luar bisa menjadi penyelamat dalam hal menghilangkan stres.
  • Siapa pun yang kalian tanggung secara finansial, tetapkan batasan dengan masing-masing pihak dengan menyetujui untuk memberi mereka sejumlah dukungan setiap bulan atau tahun untuk biaya yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Pertimbangkan layanan perlindungan pencurian identitas untuk mencegah orang yang kalian cintai ditipu atau dicuri identitasnya.
  • Tunjangan pajak untuk orang tua dan anak-anak dengan usia tertentu yang terdaftar di pendidikan tinggi seringkali memenuhi syarat untuk tunjangan dan keringanan pajak. Klaim biaya medis juga bisa mengurangi kewajiban pajak federal.
  • Jaga agar pintu komunikasi tetap terbuka setiap saat mengenai harapan anggota keluarga, perasaan mereka, dan upaya untuk menyelesaikan masalah yang dicatat dengan cepat untuk menjaga tingkat stres tetap rendah.
  • Belilah alat bantu dengar berkualitas tinggi untuk memastikan manula selalu waspada terhadap lingkungan mereka.

Ini tidak ada dalam daftar karena ini adalah aspek terpenting untuk menjadi generasi sandwich yang sukses. Berbaik hatilah pada diri sendiri! 

Perawatan diri itu penting, namun bisa dengan mudah diabaikan ketika waktu kalian seimbang dengan sangat hati-hati antara menavigasi semua kebutuhan anggota keluarga kalian. 

Pastikan untuk makan dengan benar, luangkan banyak waktu luang untuk melakukan hal-hal yang kalian sukai, cukup tidur, banyak tertawa, dan jangan pernah ragu untuk meminta bantuan jika diperlukan. 

Ada kelompok pendukung, pilihan hidup berbantuan, dan konseling profesional yang bisa membantu ketika semua sumber daya habis.

Artikel lainnya:

/* */